Kurikulum Sekolah

Landasan Kurikulum

Leadership (Kepemimpinan)

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (QS. Al Baqarah : 30)

 

Dari Abdullah, Nabi  bersabda:

Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya.
Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawabannya.
Seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawabannya.
Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya, dan ia pun akan dimintai pertanggungjawabannya.
Seorang budak juga pemimpin atas harta tuannya dan ia juga akan dimintai pertanggungjawabannya.
Sungguh setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya (Hadist  Bukhari 4789)

 

Entrepreneurship (Kewirausahaan)

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” (QS. Al Qashash : 77)

 

Eco Personality (Kepribadian Sadar Lingkungan)

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik, berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.

“Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmat-Nya (hujan), sehingga apabila angin itu membawa awam mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Kemudian kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan seperti itulah kami membangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.

“Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan izin tuhan, dan tanah yang buruk, tanaman-tanamannya yang tumbuh merana. Demikianlah kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda (kebesaran kami) bagi orang-orang yang bersyukur.”

(QS. Al A’raaf : 56-58)

 

Fitrah Based Education

  1. Fitrah Keimanan : Akhlaq/Adab pada Allah, peran menyempurnakan akhlak dengan tauhid, peran personal menyeru tauhid
  2. Fitrah belajar dan bernalar : adab pad alam, ilmu, ulama; peran memberi rahmat bagi semesta; personal yang inovatif/innovator (imaroh)
  3. Fitrah bakat : akhlaq pad a diri & kehidupan; peran memberi solusi & peringatan bagi kehidupan; personal yang berkarya atas bakat/talentpreneur
  4. Fitrah Seksualitas : Akhlak/adab pada keluarga & keturunan; personal yang dewasa dengan peran keayahan/peran keibuhan yang kokoh
  5. Fitrah estetika dan bahasa : akhlak/adab pada peradaban dan keindahan Allah; peran memperindah peradaban.
  6. Fitrah individualitas dan sosialitas : akhlak/adab pada masyarakat; peran memberikan solusi pada permasalahan sosial masyarakat
  7. Fitrah jasmani : akhlak /adab pada diri sendiridan peran lainnya; peran mendukung peran lainnya

 


Spesialisasi Program

Leadership Program

SMA Raudlatul Jannah memberikan pendidikan untuk membentuk diri siswa menjadi seorang pemimpin yang mampu memimpin dirinya sendiri dan orang lain. Pemimpin yang memiliki Iman, Adab, llmu dan Amal. SMA Raudlatul Jannah mempersiapkan siswa menjadi khalifah fil ardh.

Penjelasan Program:

1. Tilawah, Tahfidz dan Tarjim : Di awal tes observasi, peserta didik dikelompokkan sesuai dengan tingkat pencapaiannya dan mendapatkan pembelajaran tilawah (baca), tahfidz (hafalan) dan tarjim (menerjemah) Al Qur’an sesuai target pencapaian masing-masing kelompok. Bagi peserta didik yang lulus uji/munaqosyah untuk mendapatkan Syahadah pengajar Al Qur’an, akan diberi kesempatan untuk mengajar siswa TK/SD/SMP.

2. Sertfikasi Ibadah : Peserta didik akan mengikuti serangkaian uji praktik ibadah keseharian mulai dari thaharah (urutan wudhu dan tayamum berikut doa dan artinya), shalat (shalat sunnah hingga shalat wajib berikut bacaan, arti bacaan dan gerakannya). Uji praktik akan dilaksanakan selama 1 kali dalam 1 semester sehingga kualitas ibadah peserta didik terjamin.

3. Pemuda Dakwah : Target program pemuda dakwah adalah agar peserta didik mampu untuk menyerukan tauhid (tidak menyekutukan Allah serta senantiasa merasa diawasi Allah) dimulai dari diri sendiri kemudian menyeru untuk keluarga, komunitas kemudian lingkungannya. Peserta didik akan mendapatkan pelatihan Khatib dan menerapkannya di mulai dari mampu berkhutbah di lingkup SMA Raudlatul Jannah kemudian mampu berkhutbah di lingkungan tempat tinggalnya.

4. SMA Raudlatul Jannah juga senantiasa mengajarkan Kurikulum Islami yang diintegrasikan di mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya tentang adab keseharian, program Jawara, berbakti kepada orang tua, meneladani Sirah Nabawi, mencintai Rasulullah, keluarga Rasulullah serta sahabat-sahabat Rasulullah. SMA Raudlatul Jannah juga memberikan pengetahuan serta mempersiapkan peserta didik untuk layak menjadi pemimpin dalam rumah tangga (peran sebagai Ayah/Ibu).

5. Live in : Live in merupakan salah satu program SMA Raudlatul Jannah yang mewajibkan siswa untuk menerapkan pengetahuan mengenai adab yang harus dilakukan ketika berada di lingkungan yang belum pernah mereka tempati sebelumnya. Ketika mengikuti program Live in, peserta didik diharapkan mampu untuk mengembangkan sikap kemandirian, ketangguhan dan problem solving skills.

6. 4Cs : Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik di abad 21 ini antara lain Critical Thinking (siswa mampu berpikir kritis dalam menghadapi dan mencari solusi dari sebuah permasalahan), Creativity (siswa mampu berpikir kreatif serta mampu melakukan inovasi), Collaboration (siswa mampu bekerjasama dengan orang lain) dan Communication (siswa mampu mengutarakan pikiran/pendapatnya dengan baik).

7. IMT : Information, Media, and Technology Literacy. Peserta didik diharapkan mampu untuk melakukan literasi dalam hal informasi, media dan teknologi sehingga mereka dapat memahami data, dan fakta yang ada, kemudian memilih media dan tekonogi yang tepat untuk mempublikasi/mengkomunikasikan.

8. FLIPS : Flexibity, Leadership, Initiative, Productivity and Social Skills. Kompetensi yang juga dimiliki oleh generasi Y adalah fleksibel, mampu memimpin, mempunyai inisiatif, produktif serta memiliki keterampilan untuk bersosialisasi dengan lingkungannya.

9. Physical Preparedness : Peserta didik dibekali keterampilan kesamaptaan yang akan menempa ketahanan, kekuatan, kecepatan dan kelenturan fisik peserta didik. Program penunjang adalah Ekstrakurikuler Pramuka dan Ekstrakurikuler Renang yang terintegrasi di pembelajaran olahraga.

 

Entrepreneurship Program

SMA Raudlatul Jannah mendidik siswa untuk menjadi entrepreneur yang memiliki semangat, mampu mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

 

Penjelasan Program:

1. Career Coaching : Peserta didik menemukan, merencanakan, dan mengembangkan karir yang sesuai dengan passion dan panggilan pribadinya

2. Learn From The Expert : Peserta didik  mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan dari ahlinya, sesuai dengan bisnis/karir yang akan diminati.

3. Mini Trade Show : Peserta didik menampilkan ide-ide dan rencana-rencana mengenai bisnis yang akan mereka mulai.

4. Start Up Bussiness : Peserta didik mulai menjalankan bisnis sesuai dengan ide-ide dan rencana yang telah disusun.

 

Eco School Program

SMA Raudlatul Jannah mendidik untuk peduli lingkungan dan membangun kesadaran pentingnya menjaga lingkungan yang ditinggali oleh peserta didik kemudian diwariskan kepada generasi berikutnya sebagaimana firman Allah Subhanahu wata’ala.

 

Penjelasan Program

1. Peduli Sampah : Peserta didik diwajibkan untuk memiliki kepedulian terhadap sampah yang ada dilingkungan sekolah. Setiap sore peserta didik akan melakukan piket pemilahan sampah. Peserta didik juga diwajibkan untuk meminimalisir produksi sampah plastik melalui program “Zero Plastic”. Peserta didik wajib membawa tumbler/botol ke sekolah, membawa wadah serta peralatan makan dari rumah, membawa kantong belanja dari kain untuk membeli kebutuhan di kantin/koperasi sekolah. Peserta didik juga diharapkan mampu menerapkan program “Zero Plastic” di rumah dan di komunitas/lingkungan masyarakat.

2. Hemat Energi : Peserta didik diwajibkan untuk menghemat energi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekolah. Mulai dari hemat air, hemat listrik dan hemat kertas.

3. Oksigen Sekolah : Peserta didik diwajibkan untuk mengikuti program penghijauan di sekolah mulai dari menanam hingga merawat tumbuhan yang ada di sekitar sekolah (piket penyiraman dan pembersihan) dan program pembibitan untuk diberikan ke masyarakat sekitar sekolah. Peserta didik juga diharapkan mampu menerapkan program pembibitan di rumah dan di komunitas/lingkungan masyarakat.

4. Budidaya : Budidaya yang akan dilaksanakan di SMA Raudlatul Jannah adalah Hidroganik. Hidroganik sejenis hidroponik dan tanpa bahan kimia (organik). Metode ini juga sering disebut sebagai aquaponik, yaitu menggabungkan antara sistem hidroponik dengan kolam budidaya ikan di bawahnya. Air yang berasal dari kolam ikan akan dialirkan melalui pipa-pipa tempat tanaman tumbuh, air kolam yang mengandung kotoran ikan akan menjadi sumber nutrisi tambahan bagi tanaman. Metode ini dapat digunakan pada berbagai jenis tanaman, mulai dari padi, sawi, kangkung, bawang dan jenis tanaman lain yang umum digunakan pada sistem hidroponik.